RESUME GEOSPASIAL (Pertemuan ke-1)

SEJARAH PETA

Sejarah pembuatan peta di dunia bermula ketika para petualang masa lalu bila menjumpai orang di suatu tempat dan bertanya tentang arah jalan, biasanya orang tersebut segera menggores tanah dengan menggunakan sepotong kayu. Itulah awal dari sejarah pembuatan peta pertama di dunia. Akan tetapi, peta paling awal yang menggambarkan penampakan pada bidang datar dibuat oleh bangsa Babilonia sekitar 2.300 SM. Peta juga ditemukan di berbagai wilayah misalnya Mesir, Yunani, Romawi, Arab serta dipakai dalam kegunaan militer.


Image result for sejarah peta
Peta sebagai tonggak sejarah Asia Tenggara

1. Ramses II (Mesir)
Peta ditemukan oleh penemu bernama Ramses II di Mesir. Ramses II adalah firaun Mesir ketiga yang berasal dari dinasti ke - 19. Ia sering dianggap sebagai firaun terbesar dan terkuat dalam sejarah Mesir Kuno. 

2. Eresthothenes (Yunani)

Eresthothenes merupakan seorang ilmuwan geografi yang berasal dari Yunani yang berjasa dalam memetakan dunia. Eresthothenes dikenal menjadi orang yang pertama kali memperkenalkan sistem koordinat untuk menentukan posisi suatu tempat.

Image result for eratosthenes
Eresthotenes memperkenalkan sistem koordinat

3. Cadasater (Romawi)
Cadasater atau kadaster merupakan peta yang mempunyai jenis skalanya sangat besar melebihi skala peta lainnya, skala peta kadaster ini 1:100-1:5000. Peta kadaster ini juga disebut sebagai peta teknik karena menampilkan secara rinci setiap detail yang ada dipermukaan bumi.

4. Perdagangan Islam (Arab)



Dulunya para saudagar muslim menyebar ke berbagai belahan dunia untuk bedagang dan berdakwah. Perjalanan mereka membawa aspek kartografis, dimana mereka mencata dan menggambarkan perjalanan mereka.

5. Militer
Pada zaman militer atau zaman peperangan, peta sangat penting karena peta digunakan untuk keprluan survei keentingan milier dan peta tersebut menggunakan skala militer.

Gambar terkait


Komentar

Postingan populer dari blog ini